Senin, 24 September 2007
Kliwonan yuuukkk....

JUMAT Kliwonan, bagi penganut tradisi Jawa dikenal sebagai hari yang dikeramatkan, sakral, dan kaya nuansa ritual. Tapi Jumat Kliwon yang dalam penanggalan nasional jatuh pada Kamis sore, di Alun-alun Batang justru disulap menjadi pasar tiban alias "supermarket rakyat" yang meriahnya melebihi pasar malam.

Jumat Kliwonan yang digelar 35 hari sekali itu memang sudah mendarah daging bagi warga Batang. Maka yang merakyat dengan istilah kliwonan itulah, yang menjadi agenda wajib yang harus dikunjungi.

Entah sejak kapan agenda itu digelar, dan apa daya tariknya hingga masyarakat begitu fanatik dan rela berdesak-desakan, tumplek-blek di Alun-alun Batang.

Yang jelas, kliwonan kini menjadi sarana hiburan yang merakyat. Apalagi setelah menjadi hari libur resmi bagi kaum pekerja swasta di Kota Batang dan Pekalongan. Selain itu, para buruh mingguan juga rata-rata menerima gaji pada Kamis sore alias malam Jumat Kliwon.

Beratus-ratus pedagang pun mengais rezeki di hari itu. Uniknya, mayoritas pedagang justru berasal dari luar Batang, seperti Bandung, Cirebon, Tegal, Pemalang, Kudus, dan Salatiga.

Bahkan, ada yang mengaku berasal dari Lamongan dan Bojonegoro, Jawa Timur, yang sengaja untuk berdagang di lokasi kliwonan. Terlebih kliwonan dipercaya sebagai mitos untuk penglarisan. Apabila pernah berjualan di kliwonan, insya Allah dagangannya akan semakin laris setelah kembali ke tempat asalnya.


Makam pun rame


Selain tradisi kliwonan,msh ada tradisi yg lainnya pada hari kamis wagenya. Ya..pada hr kamis wge itu makam terlihat rame seperti dialun2. Banyak anak2 yg mangais rejeki disana antara lain dgn cara membersihkan makam2 dengan harapan kalau ada keluarganya yyg datang dia akan mendapatkan imbalan.

Demikian jg dengan saya yg nyekar ke makam ayah saya. Begitu memasuki area pemakaman, langsung saja anak2 kecil itu membuntuti saya dr belakang. Mereka lgsg menuju kepemakaman yg saya tuju dan dibersihkannya makam ayah saya. Mereka biasanya menunggu sampai kami selesai berdoa buat ayah saya. Setelah selesai mereka para anak kecil mesti meminta sawur (imbalan seiklasnya). Biasanya saya blang begini " Nang,dibagi ama temen2nya uangnya".

Ya..itulah tradisi didaerah batang,setelah dr makam biasanya org2 melanjutkan ke alon2..kliwonan. Bagi yg penasaran...silahkan dicoba...

Label:

posted by YASMIN @ 07.23  
2 Comments:
  • At 3 Oktober 2007 pukul 16.16, Anonymous Anonim said…

    hikz... jd inget kampuang haLaman,

    pernah sich dateng ke ALun-ALun Batang utk nonton ramenya pasar tiban, skaLian cuci-mata... hehehe
    (pas puLang kampung)

    kLo sekarang g'bs...
    makLum banyakan @Jogja, jarang bgt puLKam, paLingan ntar kLo mudik Lebaran...

    Thanks Mbak

     
  • At 4 Oktober 2007 pukul 10.33, Blogger YASMIN said…

    wah..kayake dah betah banget nih di yogya..sukses aj deh buat km...

     
Posting Komentar
<< Home
 
 
Tentang Saya
Nama:
Lokasi: Kediri, Jawa Timur, Indonesia

pengin belajar dan belajar trzzzz

Udah Lewat
Arsip
shoutbok
Name :
Web URL :
Message :
:) :( :D :p :(( :)) :x
Links
Jumlah Pengunjung
hit counter